Tips Mengatasi Pembatalan Perjalanan dengan Maskapai dan Asuransi Perjalanan

Penerbangan dibatalkan? Inilah yang harus dilakukan:

 

1. Bicaralah dengan maskapai penerbangan Anda

Anda hampir pasti melihat antrian yang cukup besar dari penumpang yang tidak puas di meja layanan pelanggan. Anda dapat bergabung jika Anda suka — tetapi Anda selalu dapat menelepon maskapai penerbangan dari kenyamanan kedai kopi terdekat.

Either way, bersikap tegas, tapi baik. Apalagi jika pembatalan tersebut karena alasan di luar kendali maskapai, seperti cuaca buruk (jika demikian, Anda bisa langsung ke bagian 3). Jika itu masalahnya, mereka tidak diwajibkan secara hukum untuk membantu Anda sama sekali, jadi berteman bisa sangat bermanfaat.

 

2. Klaim hak Anda dari maskapai penerbangan

Jika maskapai penerbangan menyebabkan penerbangan Anda dibatalkan atau ditunda, pada dasarnya Anda memiliki dua opsi:

 

Mengubah rute

Di Indonesia, tidak ada undang – undang nasional yang mengatur hak pelanggan saat maskapai membatalkan penerbangan. Jadi, semua hak berasal dari kontrak yang terkait dengan tiket pesawat yang Anda beli, dan itu bisa berbeda dari satu maskapai ke penerbangan lain.

Jika Anda memilih opsi ini, maskapai penerbangan mungkin akan mengatur penerbangan pengganti ke tujuan yang sama. Ini termasuk penerbangan lanjutan apa pun yang mungkin Anda miliki, selama mereka menggunakan maskapai yang sama. Jika mereka menggunakan maskapai penerbangan yang berbeda, sekali lagi, bersikap baik — mereka juga tidak diwajibkan secara hukum untuk membantu Anda di sini. Jika tidak, langsung ke langkah berikutnya.

 

Pengembalian dana

Jika Anda mencoba meminta pengembalian dana, perlu diingat bahwa maskapai penerbangan tidak harus menawarkan bantuan lebih lanjut. Dengan kata lain, Anda akan sendirian, dan Anda harus memesan penerbangan Anda sendiri ke tujuan Anda.

 

3. Hubungi perusahaan asuransi perjalanan Anda

Jika bantuan dari maskapai penerbangan tidak datang dalam salah satu keadaan ini, Anda sebaiknya menghubungi penyedia asuransi perjalanan Anda sesegera mungkin. Anda tidak berhak atas kompensasi, tetapi Anda tetap dapat mengklaim penerbangan baru atau penggantian biaya dan biaya makanan dan akomodasi yang wajar (pastikan untuk menyimpan tanda terima). Untuk mengetahui dengan tepat apa yang Anda bisa dan tidak bisa klaim, periksa syarat dan ketentuan dari paket asuransi perjalanan Anda.

Setelah Anda menelepon perusahaan asuransi dan mencatat instruksi lebih lanjut yang mungkin mereka miliki, inilah waktunya untuk memesan penerbangan baru dan akomodasi apa pun yang mungkin Anda perlukan sementara Anda menunggu.

Selain itu, maskapai penerbangan cenderung menjelaskan dalam kontrak mereka bahwa mereka tidak bertanggung jawab atas kerusakan konsekuensial seperti reservasi hotel yang terlewat, grup tur yang terlewat, atau kerugian lain yang mungkin Anda alami akibat penundaan atau pembatalan perjalanan. Dengan paket asuransi perjalanan, perlindungan Gangguan Perjalanan dapat berguna dalam hal ini dengan mengganti biaya perjalanan dan / atau mengembalikan Anda dalam perjalanan.

 

4. Santai

Apapun solusi yang tepat, cobalah untuk melanjutkan dengan senyuman — memikirkan penundaan Anda tidak akan membawa Anda ke sana lebih cepat. Jadi, santai saja, lihat opsi Anda untuk menangani penerbangan yang dibatalkan, dan ambil satu hal pada satu waktu. Anda akan segera berada di jalan Anda.

Category:

Share:

Join the discussionSHARE YOUR THOUGHTS