4 Bahan Meja Kantor Kayu untuk Investasi Jangka Panjang

Meja kantor yang baik akan mempermudah kerja produktif. Jika tahan lama, apa saja sih bahan yang terbaik? Yuk kenali 4 bahan meja kantor kayu yang bisa menjadi investasi jangka panjang. 

 

  1. Kayu jati

Sering mendengarnya? Ya, kayu ini termasuk kayu yang memiliki tekstur dan serat yang halus, namun padat, serta memiliki pori-pori kecil. Warna coklat tua yang mengkilap menjadi karakteristik kayu ini. 

Kayu jati biasanya digunakan untuk meja direktur atau meja kerja yang berdiri sendiri. Dari segi kualitas, kayu jati tahan hingga puluhan tahun. Namun, ketahui juga cara merawatnya, khususnya untuk meja kantor kayu jati. Berikut caranya. 

  1. Bersihkan 3-4 kali dalam sebulan. Gunakan kuas ukuran kecil untuk membersihkan debu di sela-sela meja. Sehingga, pertumbuhan jamur bisa dicegah. 
  2. Gunakan cairan pembersih khusus kayu jati. Cairan ini punya formula khusus yang menjaga kilap dan warna kayu. Gunakan lap kering bersih ya! 
  3. Pindahkan dengan cara diangkat, bukan diseret atau menariknya. Supaya bagian bawah meja tidak mudah terkikis oleh lantai. 
  4. Letakkan di tempat kering atau di suhu ruang. Tetapi jangan langsung terpapar sinar matahari ya, karena ini akan membuat warna kayu cepat pudar. 
  5. Gunakan ampas teh. Caranya, celupkan kain lembut ke seduhan teh hitam, lalu peras. Setelah itu lap di bagian meja yang dibersihkan. Lalu tunggu hingga kering. 

 

Kayu jati kuat dan anti rayap. Bahkan tahan di segala cuaca dan kondisi kelembaban. Kayu ini pun tergolong langka dan mahal. Tidak heran kalau meja kantor kayu jati lebih sering hadir di ruangan petinggi perusahaan atau pejabat. 

 

  1. Kayu mahoni

Selain kayu jati, kayu mahoni juga tergolong kayu berkualitas tinggi dan memiliki kesan mewah. Kayu ini bertekstur keras dan berpori-pori kecil. Warnanya memiliki tone merah hingga merah muda. Sering jumpa alat musik dari kayu mahoni? Itulah ciri khasnya.

Berbeda dengan kayu jati, kayu mahoni memiliki kualitas baik dengan harga terjangkau. Serat kayunya halus dan memiliki tekstur unik ketika di-finishing menjadi meja kantor kayu. 

Tidak hanya itu, ketika pengrajin mebel menggunakan cat duco, kayu akan lebih mudah menyerap tanpa meninggalkan noda kekuningan. Karena, kandungan minyak alaminya rendah.  

Bagaimana merawat kayu mahoni? Bagi Anda yang memiliki meja kantor kayu mahoni, perawatannya hampir sama seperti kayu jati. Namun, perhatikan juga hal berikut: 

  1. Tempatkan meja kantor kayu mahoni hanya di dalam ruangan. Karena, kayu mahoni rentan terserang rayap dan jamur. Selain itu, kayu ini juga tidak bisa langsung bersentuhan dengan tanah. 
  2. Ketika akan di-finishing, gunakan cat kayu berbahan dasar air (water-based) karena lebih cepat kering dan mempertajam warna asli kayu. 

 

  1. Kayu trembesi

Kayu trembesi dapat menjadi alternatif dari kayu jati. Karena, kayu ini tumbuh dalam waktu cepat dan masih bisa memenuhi tingginya permintaan konsumen. 

Dari segi tekstur, kayu ini padat dan berpori kecil. Namun kelasnya berada di bawah kayu jati. Sementara dari segi warna, terdiri dari cokelat tua dengan sedikit garis hitam dan berpadu dengan warna putih gading di pinggirnya. Anda akan melihat jelas kontrasnya.

Hampir sama dengan kayu jati, kayu trembesi juga biasa dibuat sebagai meja kayu kantor. Lebih tepatnya untuk petinggi perusahaan atau pejabat. Soal ketahanan, kayu trembesi kuat di segala cuaca dan kondisi kelembaban, plus anti rayap. 

 

  1. Multiplex & particle board

Terakhir, multiplex dan particle board. Kayu lapis ini terbuat dari serbuk-serbuk kayu yang dipadatkan. Biasanya digunakan untuk meja kantor kayu karyawan atau perabot rumah. Dari segi ketahanan juga tidak kalah. Namun, perhatikan juga bahwa: 

  1. Kayu ini harus berada di suhu kering dan kelembaban rendah, agar kayu tetap elastis.
  2. Tempatkan di dalam ruangan, supaya serpihan kayunya tidak keluar atau bahkan membuat kepadatan kayu berkurang. 

 

Itulah 4 bahan meja kantor kayu yang bisa Anda coba. Ingin lihat koleksi meja kantor kayu di Kikayu? Yuk cek di sini!

Category:

Share:

Join the discussionSHARE YOUR THOUGHTS